Kamis, 21 Februari 2013

perangkat lunak komputer

Mengenal Jenis Perangkat Lunak Komputer | Jenis-jenis Software

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program computer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna computer untuk diteruskan ke atau dip roses oleh perangkat keras.

Dilihat dari fungsinya, perangkat lunak komputer terbagi menjadi dua kategori, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, perawatan mapupun pemrogramannya. Perangkat lunak sistem meliputi :

1. Perangkat Lunak Sistem

a. Sistem Operasi

Sistem Operasi atau Operating System adalah perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi.

b. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah instruksi dan aturan-aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk dapat melaksanakan tugas.

c. Program Utility

Program Utility adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer.



Selain perangkat lunak sistem, komputer membutuhkan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu manusia menyelesaikan pekerjaan pada bidang tertentu.

Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah presentasi. Microsoft PowePoint yang berguna untuk membuat slide-slide presentasi. Ada pula Microsoft Word yang digunakan untuk mengolah kata, sedangkan Microsoft Excel digunakan untuk mengolah tabel, angka, perhitungan-perhitungan baik matematik maupun statistik.



2. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (application programm) merupakan program khusus yang digunakan untuk aplikasi bidang tertentu. Program ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan khusus. Banyak program aplikasi yang sudah beredar antara lain contohnya sebagai berikut :

a. Program apalikasi pengolah kata

Program aplikasi pengolah kata digunakan untuk pengolahan naskah-naskah, seperti surat menyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi, dan lainnya. Beberapa contoh program pengolah kata : Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, Chi Writer, dan lain-lain.

b. Program aplikasi pengolah angka

Perangkat lunak atau program aplikasi pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan pengolahan berbagai data kuantitatif (angka) yang relatif cepat dan akurat. Dengan pengolah angka, user dapat menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk tabel maupun grafik. Beberapa contohnya antara lain : OpenOffice.Org Cal, Microsoft Excel, Lotus 123, dan lainya.

c. Program aplikasi pengolah Presentasi

Program aplikasi pengolah presentasi adalah program aplikasi untuk merancang slide yang biasa digunakan untuk presentasi dalam suatu pertemuan. Hasil perancangan tersebut dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk media komunikasi seperti layar monitor, layar lebar melalui infocus, Head Projector, LCD, internet dan sebagainya.

Dengan menggunakan fasilitas Animation Effects, Transition, Sound Effects dan fasilitas lainnya yang tersedia pada MS Power Point dapat membuat berbagai slide menjadi menarik dengan efek-efek yang tesedia tersebut.

Beberapa contohnya antara lain : Microsoft Power Point, Open Office Impress, Macromedia Authorware dll.

d. Program aplikasi pengolah data

Perangkat lunak ini berfungsi mengelola data yang besar. Dengan program pengolah data ini kita dapat secara cepat dan akurat memasukkan dan menyunting data, menyeleksi data dengan kriteria tertentu, membuat laporan data dengan kriteria tertentu dan lain-lain.

Hasil penyimpanan dari program ini biasa di sebut basis data atau database, yang biasanya digunakan untuk pengolahan data instansi-instansi atau perusahaan. Contohnya : Microsoft Access, DBase, Foxpro, MySql, SqlServer dan lainnya.

e. Program Aplikasi pengolah grafis

Program aplikasi pengolah grafis seperti namanya diperuntukan untuk membuat dan mengolah gambar. Program ini cocok untuk desain, periklanan dan percetakan. Contohna : Corel Draw, Photoshop, Freehand dan lain-lain.

f. Program aplikasi Multimedia

Seperti namanya program ini berfungsi untuk mengolah multimedia seperti audio maupun video. contoh : Winamp, WIndows Media Player, FLV Player dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Reni Anggraeni © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates